Clash of Clans

Thursday 28 May 2015

Cara Mengembalikan Base Clash of Clan yang Hilang

Ketika file Clash of Clans error atau terhapus, sebetulnya kita bisa membuka kembali base kita setelah mendownload COC lagi, dengan catatan kita login dulu ke akun Google Plus (untuk pengguna Android) sebelum bermain COC. Dengan begitu, data masih tersimpan di server COC dan kita pun tinggal login ke akun Google untuk membuka base kita. Selain itu, login ke Google+ juga memungkinkan kita bermain COC di HP Android lain.

Yang jadi masalah, bagaimana jika pemain tidak login ke akun Google sebelumnya. Masih bisakah mendapatkan base yang hilang? Hilang di sini bukan karena dicuri atau dihack, melainkan tidak bisa lagi membuka base yang lama setelah men-download COC yang baru setelah perangkat error.

Dari sisi klien, mungkin saja hilang sehingga pengguna tidak bisa menggunakannya lagi. Namun, dari sisi server, base tersebut masih ada. Inilah yang disebut ghost village, yaitu base yang pemainnya sudah tidak aktif lagi. Sangat disayangkan bukan jika sudah level tinggi tapi tidak bisa dibuka lagi?

Supercell menganjurkan kalau pemain COC hanya bermain satu akun COC saja dalam satu perangkat. Pemain juga sebaiknya menghubungkan COC-nya ke akun Google+ (untuk pengguna Android) atau Game Center (untuk pengguna iOS). Walaupun begitu, pemain sangat mungkin bisa mengakses lebih dari satu akun COC dalam satu perangkat. Namun, hal ini bisa berisiko kehilangan akun COC, baik cuma satu akun maupun lebih dari itu.

Untuk pemain yang tidak bisa mengakses base COC, bahkan setelah dihubungkan ke Google+ atau Game Center, solusinya adalah dengan mengirimkan pesan (in-game message) ke Supercell.

Agar base kembali, pemain harus tahu username dan nama clan pada base yang hilang tersebut. Selain itu, pemain juga harus tahu level Town Hall dan level XP (experience) dari base yang hilang tersebut.

Berikut langkah-langkah untuk mengirim pesan ke Supercell.
1. Buka menu Settings.
2. Buka Help & Support.
3. Tap ikon pada bagian kanan atas.
4. Kirim pesan dengan menyebutkan username, nama clan, level TH, dan level XP.

Bagi pemain yang main COC di BlackBerry, Nokia X-Series, dan platform lain yang tidak didukung oleh COC, kalau kehilangan desa tidak bisa dikembalikan.


Kalau agan merasa bingung atau ada masalah dalam pengaplikasian, feel free to contact me lewat Comment pasti dibales kok. Thanks!

No comments:

Post a Comment